Pengertian Kapasitas Pada Komputer


Pengertian Kapasitas

Berbicara tentang kapasitas pastinya kita akan berpikir ke arah Daya Simpan. pengertian kapasitas yang sebenarnya bisa dibilang yaitu kemampuan kerja. Maksudnya adalah sampai di manakah kemampuan bekerja suatu hal tersebut untuk menyelesaikan tugasnya.

Pengertian kapasitas pada komputer


Komputer memiliki kapasitas ? Tentu. sama halnya dengan pengertian di atas. Komputer juka mempunyai kapasitas untuk menyelesaikan setiap tugas yang diberikan. mungkin sebagian orang yang awam akan berfikir kata "Kapasitas" hanya berlaku pada media penyimpanan seperti "Hard Disk, FlashDisk, dan CD/DVD". kali ini saya akan membahas persoalan ini.

Sistem komputer telah diatur sedemikian rupa untuk membantu pekerjaan manusia, tapi bukan berarti menyelesaikan masalah menjadi sangat mudah sepenuhnya. Komputer juga mempunyai batas kekuatan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang di berikan oleh manusia. Sama seperti tubuh manusia, kecepatan berpikir manusia, dan seberapa banyak hal yang dapat manusia ingat.

Berikut adalah Hardware yang termasuk dalam kategori "Memiliki Kapasitas"

1. Hard Disk 
Hard Disk termasuk dalam (Kapasitas Penyimpanan Permanen), karena hardisk memiliki fungsi untuk menyimpan data secara permanen dalam jumlah yang cukup besar. Hardisk ada 2 macam. External (yang dipasang dari luar dan bisa di buka kapan saja) dan Internal (Yang berada di dalam perangkat PC dan harus selalu terpasang karena sebagai penyimpanan Sistem operasi komputer)

2. Flash Disk
Flash Disk termasuk (Kapasitas Penyimpanan Permanen), Sama halnya dengan Hard Disk, Flash Disk juga digunakan untuk menyimpan data, hanya saja bentuknya lebih kecil sehingga praktis untuk di bawa kemanapun.

3. CD/DVD
CD/DVD juga termasuk (Kapasitas Penyimpanan Permanen). CD/DVD adalah media penyimpanan berbentuk piringan tipis yang cara kerjanya adalah berputar untuk memuat datadidalamnya. CD/DVD dibagi menjadi 2 yaitu CD/DVD-R (Recordble) yaitu hanya dapat diisi dan dimuat datanya namun tidak dapat dihapus kembali, dan CD/DVD-RW (Rewriteable) artinya dapat disi dan di muat datanya serta dapat menghapus datanya kembali.

4. RAM (Random Acces Memory)
Ram merupakan golongan (Kapasitas penyimpanan sementara). Karena data yang disimpan dalam RAM akan hilang ketika PC telah Shut Down atau Restart. 

5. Processor
Processor termasuk kategori (Kapsaitas Pemrosesan). Processor bekerja sebagai pengatur kinerja semua hardware di komputer. Sama halnya dengan otak manusia yang mengatur kinerja tubuh yang lainnya. 

Baca selengkapnya tentang Processor di sini.

Sampai di sini artikel kali ini.
Semoga artikel ini bermanfaat.
Mohon maaf jika ada kesalahan.
Jangan lupa Comment and Share.

Pintar komputer itu
"PC Clopedia"

Silakan baca artikel lainnya di PC Clopedia,

Related search :
  • macam macam storage
  • macam macam size pada komputer
  • apa itu kapasitas
  • mengetahui kapasitas pada komputer
  • kapasitas device komputer
  • kapasitas processor
  • kapasitas ram
  • kapasitas memory
  • kapasitas penyimpanan

0 komentar:

Posting Komentar