Perbedaan Cracker dan Hacker


PC Clopedia - Perbedaan Cracker dan Hacker : Banyak orang yang berfikiran bahwa Cracker dan Hacker adalah satu hal yang sama, Namun pada nyatanya itu adalah dua hal yang berbeda. Keduanya dinilai adalah sebuah komunitas atau individu yang merusak suatu sistem keamanan jaringan. untuk menjelaskan kasus ini PC Clopedia akan memberikan beberapa definisi yang akan menambah wawasan anda.


Cracker
Cracker adalah individu atau kelompok yang menembus keamanan suatu system yang bersifat negatif/merugikan. Cracker umumnya menjebol sebuah sistem aplikasi/program secara illegal.

Cracker bekerja dengan cara menembus sebuah pasword keamanan yang telah tertanam pada suatu program/aplikasi dengan menggunakan algoritma tertentu. Cracker melakukan tugasnya dalam waktu yang tidak sebentar, tergantung dari seberapa rumitnya algoritma yang di tanamkan dalam suatu program tersebut, cara yang di gunakan oleh para Cracker ini memang sangat sederhana, Namun cara yang di gunakan oleh cracker terbukti efektif. Dan sampai sekarang belum ada sistem keamanan yang mampu bertahan dari jarahan cracker.


Hacker
Tidak jauh berbeda dengan Cracker, Hacker juga suatu individu atau kelompok yang ahli dalam menembus keamanan suatu system. Namun sifat hacker tidaklah selalu negatif. Hacker dibagi dalam beberapa bagian kelompok, Yaitu.

Black Hat Hacker : Kelompok ini melakukan hal-hal negatif demi keuntungan diri sendriri dan pastinya merugikan orang lain. Dalam hal ini Black Hat Hacker bisa di sebut Cracker.

White Hat Hacker : Ini bersifat kebalikan dari "Black Hat Hacker". Kelompok Hacker ini bertugas untuk melakukan hal-hal yang bersifat positif untuk melawan kejahatan "Black Hat Hacker". White Hat Hacker meretas suatu program dengan peizinan dengan tujuan menemukan kelemahan suatu program dan memberikan masukan hingga meningkatkan sistem ketahanan program yang diretasnya, Umumnya kelompok ini bekerja di bagian kemanan internasional seperti "Security Analyst". 

Dari pengertian singkat di atas apa kalian sudah mengerti apa perbedaan Cracker dan Hacker. Sederhananya adalah Cracker merupakan bagain dari Hacker, Namun melakukan kegiatan peretasan dengan tujuan yang bersifat negatif. Sedangkan Hacker adalah suatu kelompok peretas yang melakukan kegiatan peretasannya tidak selalu bersifat negatif.

Sampai di sini artikel kali ini tentang "Perbedaan Cracker dan Hacker".
Semoga artikel ini bermanfaat.
Mohon maaf jika ada kesalahan.
Jangan lupa Comment and Share.

Silakan baca artikel lainnya di PC Clopedia,

Silakan tinggalkan komentar dan laporkan jika ada Link yang Rusak/Error.

Related search :
  • pengertian hacker
  • pengertian cracker
  • perbedaan hacker dan cracker
  • apa itu hacker
  • apa itu cracker

0 komentar:

Posting Komentar