Cara merawat Laptop Yang Benar


Sudahkah kalian merawat laptop kesayangan kalian dengan benar.? Kegiatan merawat laptop sering terlupakan oleh para pemilik laptop itu sendiri. Padahal merawat laptop merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga performa dan menghindari laptop dari kerusakan. Merawat laptop sendiri sebenarnya sangat mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Baiklah kita langsung saja membahas bagaimana cara merawat laptop yang baik dan benar.

1. Jangan Sering Memainkan Game Yang Berat.


Hal ini sangat berpangaruh dalam kinerja laptop. memainkan game yang tingkatnya melampaui kemampuan laptop itu sendiri akan menyebabkan laptop kelebihan beban atau overheat. tidak semua laptop dapat digunakan untuk bebas bermain game. Admin sarankan gunakan laptop khusus untuk gaming jika ingin bermain game yang berat, ini akan menyebabkan perangkat kepanasan dan gagal bekerja jika hanya menggunakan laptop dengan spesifikasi standart.

2. Gunakan Laptop Pada Tempat Yang Keras Dan Datar.


Seringkali orang menggunakan laptop di atas tempat tidur atau di atas bantal. Sebenarnya hal ini sangat berbahaya bagi laptop yang kalian miliki, karena saat laptop diletakan di permukaan yang empuk dan tidak rata, sirkulasi udara untuk jalur keluar masuknya udara di bagian bawah akan tertutup. ini akan menyebabkan perangkat internal laptop kepanasan.

3. Bersihkan Keyboard Dan Layar Laptop.


Ini adalah hal yang simpel tapi sering kali dilupakan, jarang membersihkan keyboard akan menyebabkan kemungkinan tombol keyboard menjadi malfunction. Begitu juga dengan layar, jika jarang dibersihkan layar kan mengalami flag (kotoran yang melekat dan susah untuk dibersihkan). Disarankan menggunakan screenguard, (lapisan pelindung layar)

4. Jauhkan Dari Jangkauan Anak Kecil.

Tentu saja sudah banyak yang tau tentang hal ini, anak kecil memang tidak banyak mengerti dengan barang atau benda yang mereka lihat. Maka dari itu biasanya anak kecil akan mencari tau tentang hal yang terasa asing baginya. Seperti halnya laptop, dikhawatirkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan bila sampai jatuh ke tangan anak kecil.

5. Jauhkan Dari Benda Cair.

Tidak sengaja menumpahkan benda cair ke laptop anda akan berakibat fatal. kerusakan system laptop kemungkinan besar akan terjadi. Selain itu jika laptop rusak akan menghabiskan banyak biaya jika ingin menyerfisnya. Dan yang terburuk, laptop anda tidak bisa di selamatkan lagi akibat terlalu banyak komponen yang konsle akibat benda cair tersebut.

6. Cash Batrai Laptop Dengan Benar.

Menggunakan laptop sambil mencharge batrai laptop. Sebenarnya hal ini dapat merusak batrai laptop lebih cepat. Cara yang benar yaitu mencabut ketika penuh, dan mencharge kembali ketika hampir habis (saat sudah muncul peringatan) tatapi juga jangan sampai batrai laptop habis tak tersisi hingga laptop mati ketika digunakan. itu akan membuat batrai drop.

7. Jangan Letakkan Barang Di Atas Laptop.

Meletakkan barang berat di atas laptop bisa menyebabkan layar laptop rusak, atau juga rusak pada komponen laptop yang lainnya.

8. Jangan Sembarangan Menginstal Aplikasi.

Bangak sekali aplikasi yang dapat didownload dari internet secara bebas. Namun tidak ada jaminan bahwa file yang diambil dari internet 100% bersih dari virus. Maka dari itu periksa dulu keamanan aplikasi yang akan anda instal di dalam laptop anda. Dan tentunya yaitu juga menggunakan Anti Virus.

9. Perhatikan Cara Meletakkan Kabel Charger.

Pastikan charger tergulung dengan rapih dan benar pada saat tidak digunakan. Jangan sampai terkena benda tajam untuk menghindari kabel terhores. Letakkan pada tempat yang aman.

10. Perhatikan Suhu Pada Laptop.

Yang terakhir ini sering sekali di anggap remeh, padahal suhu yang melebihi batas akan menyebabkan komponen utama pada laptop rusak. Termasuk Processor. jangan sering menggunakan laptop pada waktu yang lama. Karena laptop sendiri tidak di desain untuk digunakan dalam waktu yang lama. Mungkin hal ini bisa di atasi dengan memberi pendingin yang biasa di letakan di bagian bawah laptop, tapi usahakan jangan asal membeli pendingin yang murah, karena kualitas nya tidak bisa di pastikan layak untuk di gunakan, gunakan yang bermerk untuk memastikan performa yang baik.

OK, dengan tips merawat lawtop di atas kini kalian bisa lebih memperhatikan laptop kalian masing-masing, kalian bisa menjaga laptop kalian agar bisa berumur lebih panjang dengan performa yang terjaga,

Sampai di sini artikel kali ini.
Semoga artikel ini bermanfaat.
Mohon maaf jika ada kesalahan.
Jangan lupa Comment and Share.
Silakan baca artikel lainnya di PC Clopedia,

Related search :
  • tips menjaga laptop dari kerusakan
  • bagaimana merawat laptop
  • yang perlu di perhatikan ketika memiliki laptop
  • tips dan trik menjaga performa laptop agar maksimal
  • menghindari laptop dari kerusakan

0 komentar:

Posting Komentar