Cara Cek Spesifikasi PC


PC Clopedia Akan berbagi cara cek spesifikasi PC. Saya sering menemui orang-orang yang ingin memainkan game. Tapi tidak paham akan apa yang dimaksud dengan spesifikasi. Berikut sedikit definisinya fersi PC Clopedia. Spesifikasi adalah keterangan dari semua hardware yang kita gunakan pada PC kita seperti contohnya RAM, Processor, HDD/SSD, CD/DVD Room, VGA Card dan lain-lain. Dari keterangan itulah kita bisa mengetahui seberapa kuat PC yang kita gunakan. Apalai untuk bermain game dan untuk men-desai. Hardware yang dibutuhkan lumayan berat seperti contoh RAM 4GB, Processor Intel Core I3 3.4 GHz, HDD 500GB Sata, itu hanya beberapa contoh.

Lalu bagaimana cara kita untuk mengetahui spesifikasi dari PC kita tanpa harus membongkar CPU atau Laptop kita..? Caranya sangat mudah.

Berikut Cara mudahnya menggunakakan "DXDIAG"

1. Tekan tombol "Windows + R" pada keboard untuk membuka "Run".
2. Ketikkan "dxdiag" tanpa tanda kutip. contoh seperti gambar di bawah ini.
3. Akan terbuka cendela "dxdiag". Saat pertama terbuka akan mengarah pada Tab "System".
4. Pada tab kedua adalah "Display" yang menampilkan keterangan VGA Card.
5. Pada tab ketiga yaitu "Sound 1" yang merupakan Output audio primary (utama).
6. Pada tab keempat yaitu "Sound 2" yang merupakan Output audio secondary (kedua).
7. yang terakhir pada tab ke-lima yaitu "Input" Menampilkan perangkat yang terhubung seperti Mouse Keyboard ataupun Joystick.

Atau anda juga dapat menggunakan aplikasi "Spaccy"

1. Download software "Spaccy" (Bisa di cari di google)
2. Instal Spaccy pada PC anda seperti biasa.
3. Jalankan aplikasi "Spaccy". dan aplikasi akan melakukan Scan Sytem yang PC anda gunakan.

Terserah bagi anda sendiri mau memilih cara yang mana. Pada dasarnya kedua cara tersebut memiliki tujuan yang sama. dan menampilkan kelempahan hasil pemeriksaan yang tidak jauh berbeda. (Aplikasi untuk cek spesifikasi PC tidak hanya Spaccy)

Sekarang anda sudah dapat mengenali Spesifikasi komputer anda secara terperinci. dan tentunya anda tau batasan komputer anda dapat bekerja. 
yang perlu diperhatikan adalah. Jangan sampai memaksakan PC anda bekerja terlalu keras karena dapat mengakibatkan Overheat atau konsleting pada hardware tertentu yang melampui batas maksimal ia dapat bekerja.
Setiap aplikasi biasanya mencantumkan detail Sistem Minimum (System Minimum) atau Rekomendasi Sistem (System Recommendation) untuk menjalankan aplikasi tersebut supaya dapat berjalan sesuai dengan keinginan dan tidak terjadi Crash saat beroprasi.

 Demikian Artikel ini PC Clopedia tuliskan.

Terimakasih telah membaca artikel dari PC Clopedia.

Silakan tinggalkan komentar.

Mohon maaf jika ada kesalahan.

Laporkan jika ada link yang rusak/error

0 komentar:

Posting Komentar