Pengertian, Fungsi Dan Sejarah VGA Card


PC Clopedia - Video Graphic Array atau yang lebih sering di sebut VGA, adalah sebuah perangkat keras komputer atau lebih tepatnya adalah komponen komputer yang bertugas menerjemahkan data berbentuk analog atau digital dan di outputkan atau di keluarkan dalam bentuk visual/gambar pada layar monitor. 

VGA card pertama kali di perkenalkan oleh IBM pada tahun 1987. Sajak saat itu teknologi VGA Card terus di kembangkan oleh beberapa produsen VGA Card. VGA Card sendiri sangat di butuhkan untuk menggambar, desain, dan bermain game di PC. 

VGA Card mempunyai otak pemroses sendiri yang di sebut GPU (Graphics Processing Unit). VGA Card ini masih di bagi menjadi dua. Yaitu Vga Card Onboard dan VGA Card Offboard. berikut di bawah ini perbedaan VGA Onboard dan Offboard.

1. VGA Onboard (Integrated)

VGA Card Onboard adalah VGA Card yang sudah terpasang di sebuah motherboard oleh pabrikan mother board. VGA Card ini hanya dapat di gunakan untuk menampilkan program-program sederhana seperti MS Office dan beberapa game ringan yang tidak memerlukan tampilan grafis yang tinggi. VGA Card ini juga bekerja dengan memotong kapasitas memori, itu karena VGA Card Onboard tidak memiliki memori pemroses sendiri, semisal kita menggunakan memory sebesar 1GB dan VGA pada motherboard membutuhkan 256MB maka perhitungannya 1GB = 1024Mb - 256Mb jadi sisa memori kita adalah  768Mb.

Di bawah ini contoh gambar VGA Card Onboard. 

2. VGA Card Offboard (Add-On)

VGA Card Add-on memiliki kekuatan proses yang lebih besar dari pada jenis Onboard, VGA Card ini biasanya dibeli secara terpisah dengan motherboard dan dapat di upgrade sesuka hati sesuai dengan kebutuhan, VGA ini memiliki memori pemroses sendiri, sehingga tidak perlu memotong kapasitas memori RAM yang kita gunakan pada mainboard kita. VGA Card jenis ini sering di gunakan oleh para desain grafis profesional hingga kalangan para Gamer. Hasil visual yang di tampilkan akan lebih tajam dari pada VGA Card Onboard.

Di bawah ini contoh VGA Card Add-On.


Fungsi VGA Card

Seperti yang telah di jelaskan di awal, VGA Card adalah sebuah perangkat keras / Hardware yang bertugas untuk mengolah data berbentuk analog maupun digital yang kemudian di outputkan kedalam bentuk visual ke monitor. Bentuk fisual tersebut tentunya berupa gambar, video, objek 2D hingga 3D.

Kekurangan dan Kelebihan VGA Card Onboard dan Add-on

Kelebihan VGA Card Onboard

  • Untuk masalah harga, bisa di bilang VGA Card ini di dapatkan secara cuma-cuma tanpa harus mengeluarkan biaya untuk membelinya. Karena sudah terintegrasi dengan motherboard yang kita beli.

Kekurangan VGA Card Onboard

  • Kemampuannya sangat terbatas, kita tidak akan bisa menjalankan program/ aplikasi yang terlalu berat, karena akan berakibat pada pemotongan kapasitas memori komputer yang terlalu besar.

Kelebihan VGA Card Add-On

  • Dapat digunakan untuk membuka program/ Aplikasi yang membutuhkan kinerja pengolah grafis tinggi
  • Dapat menghasilkan kualitas gambar yang lebih tajam.
  • Dapat di ganti secara mudah ketika terjadi kerusakan, bahkan dapat di upgrade dengan mudah.
  • Tidak cepat panas, karena pada umumnya memiliki sistem sirkulasi pendingin-nya sendiri

Kekurangan VGA Card Add-On

  • Harus dibeli secara terpisah dengan mother board, bahkan dapat menembus harga yang lumayan mahal untuk mendapatkan VGA Card dengan performa tinggi.

Macam-macam Jenis Slot VGA Card
  • Slot ISA (Industry Standard Architecture) Sistem bus yang digunakan I/O 8-bit atau 16-bit
  • Slot EISA (Extended Industry Standard Architecture) Sistem bus yang digunakan I/O 32-bit
  • Slot PCI (Peripheral Component Interconnect) Sistem bus yang digunakan I/O 32-bit atau 64-bit
  • Slot VGA AGP (Accelerated Graphics Port) Sistem bus yang digunakan I/O 128-bit atau 256-bit
  • Slot VGA PCI Express atau sering di sebut "PCIe" (Peripheral Component Interconnect Express) Bus yang digunakan adalah Serangkaian sistem I/O yang memiliki daya transfer hingga 32 GB/s
catatan : I/O adalah Unit Input dan Output (sebuah mikroprosesor yang bertugas memproses data masukan dan data keluaran)

Sejarah VGA Card

VGA Card pertama kali di buat pada tahun 1981 dan dipasarkan pada 1987 oleh IBM dengan nama IBM Video Card yang dikenal dengan istilah MDA (Monochrome Display Adapter), dimana saat itu VGA Card buatan IBM hanya memiliki video memory sebesar 4kb dan hanya mendukung 1 warna. dan hanya dapat di gunakan untuk mengoprasikan text mode dengan ukuran 80 kolom dan 25 baris (80x25).

Setelah kesuksesan IBM merancang VGA Cardnya. Beberapa perusahaan seperti ATI, Cirrs Logic dan S3 tertarik untuk mengembangakan VGA Card dengan tehnologi mereka sendiri. hal ini kemudian menghasilkan perkembangan, yaitu terlahirnya teknologi resolusi standar SVGA atau "Super VGA" yang mampu menghasilkan resolusi 1024x768 dan mengenali hingga 256 warna dengan kapasitas video memory 2Mb. yang pada awalnya VGA Card di tujukan untuk resulusi layar 640x480.

Pada tahun 1997, 3dfx memperkenalkan pruduknya yang bernama Voodo graphic chip yang memiliki keunggulan dan fitur-fitur baru seperti menampilkan gambar dengan 3D Effect seperti mip mapping, Z-buffering dan anti aliasing. Kemunculan Voodoo kemudian memicu kemunculan kartu grafis lainnya seperti Voodoo2 dari 3dfx lalu TNT dan TNT2 yang di produksi oleh Nvidia.

Bandwidh yang dibutuhkan oleh kartu grafis ini mendekati batasan kapasitas PCI bus pada saat itu. Intel pun mulai mengembangkan AGP (Accelerated Graphics Port) yang memecahkan permasalahan bottlenect antara microprocessor dan kartu grafis. Mulai tahun 1999 hingga 20012, Nvidia menguasai pasaran kartu grafis dan berhasil mengalahkan 3dfx dengan produk unggulan nvidia yaitu GeForce.

Memasuki tahun 2003, pasaran kartu grafis dikuasai oleh dua perusahaan besar yaitu ATI dan Nvidia dengan produk unggulan mereka Radeon (ATI) dan GeForce (Nvidia) dengan jumblah hampir 90%

dikutip dari wikipedia

Saat ini perkembangan VGA Card sangat pesat, Kemampuan mengolah data yang tinggi hingga mampu menghasilkan Output berupa 3D. yang dikerjakan oleh chipset yang terintegrasi di dalamnya. Untuk pendukungnya bahkan sekarang sudah ada perangkat bernama 3D Accelerator yang berguna untuk mengolah data dan menampilkannya dalam bentuk 3D secara lebih Detail.


Sampai di sini artikel kali ini tentang "Pengertian, Fungsi Dan Sejarah VGA Card".
Semoga artikel ini bermanfaat
Mohon maaf jika ada kesalahan.

Silakan baca artikel lainnya di PC Clopedia,
Silakan tinggalkan komentar dan laporkan jika ada Link yang Rusak/Error.

3 komentar: Leave Your Comments

  1. makasi kak, sangat membantu untuk tugas sekolah saya :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, senang bila bisa membantu.
      terima kasih sudah meninggalkan komentar.

      Hapus