Tips Memilih Hard Disk External


PC Clopedia - Hard Disk merupakan perangkat penyimpanan utama pada komputer, dimana kita meletakkan semua file di dalamnya. Contonya seperti OS (Operating System/Sistem operasi), Software pendukung, Games, hingga file multimedia seperti music dan video. Hard Disk merupaka Hardware yang wajib di miliki oleh setiap PC maupun Laptop. Hard Disk di bagi menjadi dua jenis yaitu Internal dan External. Dan kali ini PC Clopedia akan memberi Tips bagaimana memilih Hard Disk External. Tujuannya adalah agar anda dapat memilih Hard Disk sesuai keinginan dan kebutuhan dengan benar, dan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti Hard Disk cepat rusak, Proses lalu lintas data lambat dan lain-lain.

Langsung saja kita ke pembahasan.
Untuk memilih Hard Disk External yang baik. yang perlu anda perhatikan adalah hal-hal di bawah ini.

1. Kapasitas Penyimpanan Hard Disk

Hal ini yang paling utama, lebih baik memilih hard disk dengan kapasitas / kuota penyimpanan yang besar, tujuannya agar anda lebih leluasa menyimpan file-file yang anda perlukan. Kapasitas hard disk yang paling umum di gunakan adalah berkisar 500GB samapai dengan 1TB. namun ada juaga yang berkapasitas 2TB atau lebih.

2. Format Hard Disk

Hal ini juga penting. Hard Disk yang kita pilih harus sesuai dengan OS yang kita gunakan pada PC kita. misalnya seperti Windows yang menggunakan format "NTFS". Sedangkan PC dengan OS Mac menggunakan format "HFS+".

3. Kecepatan Rotasi Hard Disk

Setiap Hard Disk memiliki Disk di dalamnya, di mana disk tersebut akan berputar dan memuat data. Hard Disk yang bagus memiliki kecepatan rotasi berkisar 7.200 rpm. Namun saat ini sudah banyak beredar di pasaran hard disk dengan kecepatan rotasi yang lebih tinggi yaitu mencapai 10.000 rpm.

4. Konektivitas Hard Disk

Setiap hard disk memiliki tingkat dan kecepatan konektivitas yang berbeda-beda. Hal ini harus kita perhatikan saat membeli hard disk external. Jangan sembarangan memilih, hard disk dengan type konektivitas versi terbaru akan membuat proses transfer data semakin cepat, yang di maksut type konektivitas seperti "2.0, 3.0, 4.0". umumnya yang paling banyak di pasaran saat ini adalah dengan type 3.0 dengan ciri-ciri ujung konektor USB berwarna Biru.

5. Bentuk Hard Disk

Carilah bentuk yang praktis untuk di bawa kemanapun, karena hard disk external merupakan perangkat luar yang memang tujuannya untuk dapat di bawa kemanapun namun dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Jika bisa carilah hard disk yang dilengkapi dengan pelindung karet agar terhindar dari benturan keras.

Itu tadi adalah beberapa hal yang harus di perhatikan saat anda akan memilih hard disk external. Harga yang mahal bukan jaminan bahwa hard disk yang anda pilih adalah hard disk dengan kualitas terbaik. Dan juga jangan mudah terpengaruh dengan hard disk yang memiliki harga murah. Lebih baik pastikan bahwa semua aspek yang tertanam dalam hard disk benar-benar memenuhi syarat.

Sampai di sini artikel kali ini tentang "Tips Memilih Hard Disk External".
Semoga artikel ini bermanfaat
Mohon maaf jika ada kesalahan.

Silakan baca artikel lainnya di PC Clopedia,
Silakan tinggalkan komentar dan laporkan jika ada Link yang Rusak/Error.

Artikel Terkait :

0 komentar:

Posting Komentar