Pengertian Dan Fungsi Driver


PC Clopedia - Pengertian Dan Fungsi Driver : Sebelum mengenal lebih jauh tentang komputer, ada baiknya kita mengetahui dari hal yang terkecil. Yang kali ini akan PC Clopedia bahas adalah pengertian dari driver dan apa fungsi dri driver pada komputer, tanta berbasa basi lagi kita masuk ke pembahasan utama.

Pengertian Driver

Driver bisa diartikan sebagai software pemandu. Maksudnya adalah dia akan membantu mengenalkan semua hardware yang terpasang pada komputer kepada sistem operasi yang digunakan. perumpamaanya adalah seorang supir yang mengemudikan kendaraan, tujuannya adalah agar sampai pada tempat yang dituju.

Fungsi Driver

Fungsi dari driver yaitu untuk menghubungkan perangkat komputer dengan sistem operasi yang terinstal di dalam komputer/laptop. biasanga perangkat yang memerlukan driver yaitu. Cam, Printer, Scaner, VGA, WLAN, dan USB Port. Tanpa sebuah driver semua perangkat tersebut akan sia-sia terpasang di komputer anda karena perangkat tersebut tidak dikenali oleh sistem operasi yang anda gunakan di komputer anda. akibatnya perangkat yang terpasang tersebut tidak dapat berfungsi. mungkin pada windows 7. masih ada beberapa hardware yang terbaca secaara otomatis tanpa kita haris menambahkan sebuah driver terlebih dahulu. Tetapi hal tersebut tidak berlaku pada windows yang terdahulu seperti Windows XP. Dia tidak dapat mengenali hardware secara otomatis.

Apakah Driver Hanya Untuk Windows?

jawaban untuk pertanyaan di atas sudah jelas tidak, semua perangkat hardware pasti membutuhkan yang namanya Driver ini untuk dapat beroperasi dengan baik tanpa terjadi masalah atau gangguan. Windows, Mac OS, Linux. Semuanya menggunakan driver. Penginstalan deriver tidak susah karena semua pengaturan instalasinya sudah sesuai. Namun yang harus diperhatikan adalah kecocokan driver dengan perangkat yang digunakan. Jika driver yang akan anda instal tidak sesuai dengan perangkat hardware yang digunakan maka proses instalasi akan gagal atau tidak berjalan.

Namun sekarang menginstal driver menjadi semakin mudah karena adanya software bernama Driver Pack Solution. Aplikasi ini akan secara otomatis menganalisi driver apa saja yang dibutuhkan oleh komputer anda. Jadi tidak perlu lagi mendownload driver tertentu atau mencari satu-persatu driver yang dibutuhkan oleh komputer anda. Anda bisa googleling saja untuk mendapatkan driver pack secara gratis.

Sampai di sini artikel kali ini.
Semoga artikel ini bermanfaat.
Mohon maaf jika ada kesalahan.
Jangan lupa Comment and Share.

Pintar komputer itu
"PC Clopedia"

Silakan baca artikel lainnya di PC Clopedia,

Related search :
  • Pengertian driver
  • Fungsi driver
  • Apa itu driver
  • Tentang driver
  • Download driver
  • Penjelasan tentang driver

0 komentar:

Posting Komentar