Apa Itu Vsync Pada Games


Pengertian V-Sync

Vsync adalah singkatan dari vertical synchronization. V-sync ini berfungsi mengoptimalkan atau menyingkronisasikan frame rate yang dihasilkan oleh VGA card agar menyesuaikan denganan kemampuan refres rate yang dimiliki oleh monitor monitor. Sebagai contohnya Monitor yang kalian gunakan memiliki kemampuan refres rate maksimal sebesar 60Hz (60x refres setiap detik) maka Vsync akan membuatVGA card akan mentransfer gambar dengan refres rate 60Hz pula (60 fps). Artinya Vga card akan mengirimkan gambar ke monitor namun dengan kinerja yang optimal, sesuai dengan kemampuan monitor yang di gunakan.

V-sync ini sendiri memiliki fungsi utama yaitu mencegah terjadinya distorsi gambar secara vertikal, atau dalam bahasa yang biasa di kenal adalah Screen Tearing (gambar seperti terbelah secara vertikal dalam beberapa momen), hal ini di sebabkan Vga card mengirimkan sinyal visual dengan frame rate di atas kemampuan dari monitor yang di gunakan untuk menampilkan gambar, Bisa kita lihan contoh gambar di bawah ini perbedaan mengaktifkan fitur V-sync dan tidak menggunakan V-sync.

Menggunakan V-sinc

Tanpa V-sync

Terlihat pada gambar di atas, ketika fitur V-sync tidak di aktifkan gambar yang di hasilkan dalam momen tertentu akan seperti terpecah akibat kesalahan perhitungan frame karena refres rate antara monitor dan vga tidak singkron.

Kekurangan dari fitur V-sync

Dibalik nilai postif di atas. V-sync sendiri masih memiliki kekurangan, yaitu apabila fitur V-sync di aktifkan Fps yang di hasilkan akan sangat menurun, bahkan bisa menurun hingga melebihi 50% tergantung dari hardware yang di gunakan, maka dari itu bagi kalian yang masih menggunakan hardware di batas standard lebih baik tidak mengaktifkan fitur ini guna mencegah pergerakan kalian di dalam game menjadi melambat atau bahkan patah-patah/ Lag.

Lebih baik mengaktifkan V-sync atau tidak..?

Semua itu tergantung dari harware yang kalian gunakan dengan game yang akan di mainkan.

Jika spesifikasi game yang kalian mainkan masih bisa di tampung oleh hardware kalian atau bahkan jauh melebihi rekomendasi lebih baik fitur ini di nyalakan.

Tapi jika spesifikasi game yang akan dimainkan sangat mepet dengan spesifikasi hardware atau hardware dibawah spesifikasi yang di butuhkan untuk menjalankan game, lebih baik fitur ini dimatikan untuk mencegah terjadinya FPS drop atau Lag.

Sampai di sini artikel kali ini.
Semoga artikel ini bermanfaat.
Mohon maaf jika ada kesalahan.
Jangan lupa Comment and Share.

Pintar komputer itu
"PC Clopedia"

Silakan baca artikel lainnya di PC Clopedia,

Related search :
  • pengertian vsync pada games
  • apakah fungsi dari vsync
  • memahami apa itu vsync
  • apakah vsync dibutuhkan
  • seberapa penting vsync untuk gaming

2 komentar: Leave Your Comments