Perbandingan HDD, SSD dan SSD M.2


Data storage adalah salah satu komponen penting pada sebuah perangkat komputer. Seperti yang umum di ketahui data storage tidak hanya sekedar di gunakan untuk menyimpan file-file seperti dokumen dan media hiburan saja, melainkan juga sisteam operasi dari komputer tersebut, tentu tanpa adanya sistem operasi komputer kita hanya sebagai bongkahan hardware yang tidak berguna. Dari peranan tersebut rasanya sangat layak bagi sebuah data storage adalah bagian terpeting dari sebuah perangkat komputer,

Pembahasan kali ini kita akan membandingkan 3 buah perangkat penyimpanan, yaitu HDD, SSD dan SSD M.2, tentu saja tiga device tersebut tidak hanya berbeda rupa dan bentuknya, teknologi, kemampuan dan manfaatnyapun juga akan berbeda. Ok... langsung saja kita simak

1. HDD (HardDisk Drive)
HDD merupakan penyimpanan dasar yang sudah di gunakan sejak lama, bahkan masih tetap di gunakan di jaman ini, hal tersebut dikarenakan harganya yang relatif murah dengan kapasitas penyimpanan yang di tawarkan,

Ada dua type HDD yaitu type ATA dan Sata. tipe ATA sudah sangat jarang di temui, karena tipe ATA memiliki transfer rate yang terbilang lambat. Tipe Sata bisa di katakan adalah pengembangan dari ATA, yang mimiliki kemambuan Transfer rate lebih cepat.

HDD masih menggunakan teknologi penyimpanan dengan media Piringan magnetik di dalamnya, jadi kecepatan transfer rate dari HDD ini tergantung dari RPM (Rotation per Minutes) disk tersebut, semakin cepat rotasinya akan semakin cepat pula transfer ratenya. Seiring berkembangnya jaman, sistem operasi dan aplikasi juga mengalami pengembangan, Dengan menggunakan teknologi disk tadi untuk memuat aplikasi di masa ini akan terasa sedikit lambat. Berbeda pada masa kejayaan HDD dulu ketika sistem operasi hanya mimiliki ukuran kecil dan jumblah file yang tidak terlalu banyak. Karena masalah itu di masa sekarang HDD lebih banyak di gunakan sepagai secondary storage. Dan Primary storagenya menggunakan SSD.

2. SSD (Solid State Drive)
Ini dia SSD. Sebuah perangkat penyimpanan yang sudah tidak menggunakan Piringan magnetik lagi di dalamnya sebagai pengolah data. Melainkan menggunakan semacam IC (Intergrated Circuit). Berbeda dengan HDD ketika kita ingin menyimpan dan memuat data Hdd akan menulis di atas Piringan magnetik, SSD lebih unggul karena akan memuat dan memproses data dengan teknologi elektrik dan akan menampilkan hasil yang jauh lebih cepat.

Kelebihan lain dari SSD adalah, dikarenakan tidak menggunakan sistem mekanik bergerak seperti HDD, SSD akan terasa lebih dingin ketika di gunakan, dimana kita tahu suatu gesekan akan menimbilkan panas. Konektor yang di gunakan adalah Sata.

Tapi di balik keunggulannya tadi tentu saja ada kekurangan, yaitu harga yang di bandrol bisa di bilang mahal, kita harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 650.000 - Rp. 1.000.000 hanya untuk mendapatkan penyimpanan sebesar 128GB saja, dengan uang sebesar itu kita bisa mendapat HDD dengan kapasitas 1 Terabyte....

3. SSD M.2 (SSD generasi ke-2)
Bila SSD sudah di rasa cepat, SSD M.2 ini akan menjadi dewanya di masa ini, bagaimana tidak..? kecepatan I/O (Input Output) dari SSD M.2 bisa mencapai 4x lipat dari SSD. bahkan untuk menyalakan komputer dari mati total hingga menampilkan layar desktop sistem operasi hanya di butuhkan waktu berkisar 5 detik.

Slot yang di gunakan bukan lagi berupa sata. Melainkakn PCI Expres 3.0 yang mana pemasangannya langsung pada Motherboard, Tapi sayangnya tidak semua Motherboard terdapat slot untuk memasang SSD M.2 ini. 

Tidak hanya itu, Harga yang di bandrol juga sangat mahal. memang tidak jauh berbeda dari SSD. yaitu sekita Rp 1.400.000 untuk 240GB.

Jadi bagaimana sahabat PC Clopedia..? kalian pilih yang mana...? atau mana yang kalian pakai di komputer kalian.?

Sampai di sini artikel kali ini.
Semoga artikel ini bermanfaat.
Mohon maaf jika ada kesalahan.
Jangan lupa Comment and Share.

Pintar komputer itu
"PC Clopedia"

Silakan baca artikel lainnya di PC Clopedia,

Related search :
  • kelebihan dan kekurangan hdd ssd ssd.m.2
  • apa itu ssd m.2
  • pengertian hdd ssd
  • lebih baik mana hdd atau ssd
  • perkembangan ssd
  • perkembangan komputer
  • artikel komputer 

0 komentar:

Posting Komentar