Mengenal Pasta Prosesor Jangan Pakai Pasta Gigi


Bagi yang sering merakit komputer pasta pada processor bukan hal yang asing lagi, setiap Processor baru pasti sudah di sertakan sebuah pasta di bagian atasnya sejak awal di kelualkan dari boxnya. Tapi bagi yang masih pemula di dunia komputer mungkin masih asing dengan pasta yang satu ini.

Tak jarang juga di temui, beberapa pengguna yang awam bahkan mengganti thermal paste ini dengan pasta gigi. Sebenarnya ini merupakan hal yang tidak di anjurkan, bahkan bisa berdampak negatif pada komputer itu sendiri.

Melalui artikel ini mari kita belajar, Seberapa pentingnya pasta processor atau tepatnya "Thermal Paste".?

Mari kita bahas bersama-sama mengenai hal ini.

1. Apa fungsi dari Thermal Paste

Fungsi Thermal Paste adalah menyampaikan/menghantarkan panas dari processor ke heatsink dengan cara menutupi cela yang yang masih terbentuk. karena permukaan heatsink dan processor tidak sepenuhnya datar maka dari itu diperlukan Thermal Paste untuk memaksimalkan perpindahan panas dari dari processor ke heatsink. Dan begitu juga sebaliknya, Suhu dingin dari heatsink akan lebih mudah berpindah ke processor melalui perantara thermal paste ini.

Bisa dilihat skema di bawah ini.


Seharusnya Heatsink dan Processor menempel sepenuhnya agar perpindahan panas maksimal, namu pada nyatanya permukaan dua benda tersebut tidak benar-benar rata, disanalah Thermal Paste berfungsi menutupi ruang kosong agar semuanya menempel dan proses perpindahan panas akan semakin baik.

2. Bolehkah menggantinya dengan Pasta Gigi.?


Pasta Gigi untuk pasta processor. Pasti tidak asing dengan hal ini. Untuk hal ini admin sarankan untuk tidak dilakukan. Banyak orang melakukan hal ini tanpa memikirkan dampak yang akan terjadi,  Memang keduanya memiliki bentuk yang hampir sama. Tapi yang perlu di ketahui pasta Gigi umumnya mengandung Hydrated Silica yang fungsinya untuk mencegah terjadinya Plague di gigi, dan kandungan Silika ini dapat menyerap air. Sehingga di khawatirkan efek dari silika tersebut akan membuat beberapa air masih berkumpul di area yang di lumasi dengan pasta gigi ini. Alhasil ketika di nyalakan akan menimbulkan arus pendek yang mengakibatkan konsleting pada bagian yang lembab

3. Perbedaan Thermal Paste dengan Pasta Gigi

  1. Thermal Paste
    1. Brand yang bagus bisa bertahan lama hingga lebih dari 2 tahun
    2. Efektif untuk penyalur/penghantar panas secara merata
    3. Memiliki kerapatan tekstur yang baik
    4. Tidak menyerap air
    5. Tidak akan lumer jika di letakan sesui dengan takaran normal
  2. Pasta Gigi
    1. Cepat kering jika terkena suhu panas
    2. Kurang efektif untuk menyalurkan panas ke Heatsink
    3. Menyerap air sehingga daerah di sekitarnya akan lembab ketika tidak terkena panas
    4. Teksturnya lebih cair sehingga beresiko merembet ke daerah sekelilingnya

4. Tips Memilih Thermal Paste

  1. Cari Yang Thermal Conduktivitynya tinggi biasanya satuannya adalah W/m-K
  2. Jangan pilih yang terlau murah (saran berharga di atas 40K)
  3. Pilih Merk/Brand yang terpercaya

5. Jenis - jenis thermal paste processor

Pasta untuk processor yang admin ketahui memiliki 3 type yang di bagi atas bahan dasar dari pasta tersebut.

1. Metal Base

Thermal paste dengan bahan dasar Metal ini memiliki kualitas yang paling baik. seperti yang kita ketahui, bahan metal merupakan bahan dengan tingkat konduktifitas yang tinggi, sehingga memungkinkan perpindahan panas (Kalor) dengan sangat cepat.

2. Ceramic Base

Bahan dasar keramik ini salah satu konduktor yang baik, tapi tingkat konduktifitasnya masih di bawah metal/logam, Namun keramik memiliki sifat yang bisa di bilang semikonduktor, dimana keramik ini dapat mengalirkan listrik tapi dengan jumblah yang sangat kecil. lebih kecil dari pada logam/metal. makan kemungkinan tersebarnya arus yang tidak di inginkan akan lebih minim daripada pasta Metal base ketika terjadi lumeran pasta di luar area processor.

3. Silicon Base

Tidak jauh berbeda dengan Ceramic Base. Pasta berbahan dasar silikon ini juga bersifat semikonduktor. Tapi memiliki sifat perpindahan Kalor/Panas yang lebih lemah dari pada Metal base dan Ceramic Base. Kelebihannya tentu saja di sektor harganya yang sangat murah.

Bagaimana cara memasang thermal paste pada processor

Memasang thermal paste sangat mudah, kita hanya tinggal menaruh pasta pada bagian atas prosesor sebanyak biji kacang/ sebanyak 2 butir beras. kalian bole meratakan pasta pada permukaan prosesor, tidak di ratakan pun tidak masalah, langsung saja pasangkan heatsink di bagian atas prosesor,
Done..!!

Nah dari artikel ini sudah tahu kan. Menggunakan pasta gigi bisa mengakibatkan temperatur prosesor tinggi, karena proses penghantaran panas tidak tersampaikan ke heatsink. Perlu di ketahui bahwa prosesor yang panas akan lebih memakan daya lebih besar.

Sampai di sini artikel kali ini.
Semoga artikel ini bermanfaat.
Mohon maaf jika ada kesalahan.
Jangan lupa Comment and Share.

Pintar komputer itu
"PC Clopedia"

Silakan baca artikel lainnya di PC Clopedia,

Related search :
  • pentingnya pasta prosesor
  • pasta untuk prosesor
  • odol untuk pasta prosesor
  • dampak pasta gigi untuk prosesor
  • pasta gigi untuk pasta prosesor

0 komentar:

Posting Komentar