Cara Atasi Komputer Lemot


PC Clopedia - Cara Atasi Komputer Lemot : Kali ini PC Clopedia akan barbagi sebuah Tips & Trick bagaimana cara mengatasi komput yang lemot, kalian mungkin pernah merasakan bagaimana menyebalkannya menggunakan sebuah komputer yang kinerjanya sangat lambat atau yang sering kita sebut "Lemot". Hal tersebut membuat kita jenuh, mengantuk, bahkan terkadang sampai menimbulkan emosi. sebagian besar dari kalian para pembaca PC Clopedia pasti pernah merasakanannya bukan. Mungkin di luar sana banyak sekali website yang membahas tentang masalah yang satu ini. Namun kali ini admin akan membahas dan memberikan tips & trick dengan versi PC Clopedia sendiri. Silakan simak bagaimana cara mengatasi komputer yang lemot di bawah ini.

1. Hapus Program Yang Tidak Di Perlukan



Program - program yang terinstal di komputer anda akan membebani kinerja processor dan RAM dari komputer tersebut. Ada baiknya kita menyeleksi program yang tidak kita gunakan untuk di hapus/uninstall. Hal ini karena, semakin banyak program yang terinstal akan semakin lama pula komputer kita untuk memuat semua program yang terinstal. Cara melakukan uninstall sangat mudah, yaitu dengan :

pergi ke Start → Control Panel → Uninstall a Program/Programs and Features → Klik kanan pada program yang di hapus → klik Uninstall.

Atau anda juga dapat menggunakan sebuah Software "IObit Uninsnstaller"

2. Defragment Harddisk



Defragment Harddisk sangat penting di lakukan. hal ini akan mengatur ulang semua data atau file yang berada dalam harddisk anda. Data/file yang berserakan akan membuat processor lambat untuk mencari/memuat data yang tersimpan di komputer anda. Processor akan berusaha menemukan file yang di buga untuk di tampilkan secara utuh. Untuk melakukan Defragment hardisk anda dapat melakukan cara ini :
  • Klik Start → All Program → Accessories → System Tools → Disk Defragmenter
Atau pada Windows 10 anda bisa menggunakan cara di bawah ini.
  • Klik pada icon search windows → ketikan "defragment and optimize drives"
(Lakukan defragment pada semua harddisk, lakukan setidaknya 1 bulan sekali)

Anda juga dapat menggunakan aplikasi "Smart Defrag"


3. Tidak Memasang Antivirus Berlebihan


Menggunakan program pembersih virus atau yang lebih di kenal dengan Anti Virus memang hal yang cukup penting, mengingat sekarang banyaknya beredar virus yang tertanam pada aplikasi komputer. Guna menyelamatkan file-file penting yang tersimpan dalam komputer anda. Sudah banyak aplikasi anti virus yang beredar. mulai dari yang Free hingga yang berbayar. Namun, seringkali kita terlalu khawatir dengan serangan virus apa lagi bagi kita yang memiliki komputer yang selalu terhubung dengan internet, sehingga kita memasang lebih dari satu aplikasi Anti Virus, dan akibatnya. Komputer terasa lemot, itu di sebabkan, Aplikasi anti virus yang terinstal di komputer kita akan terus berjalan walaupun saat kita tidak sedang menggunakannya. Ia akan terus melakukan scaning untuk mencari ancaman di komputer kita. Dan hal itu sudah menguras beberapa ruang kerja RAM dan processor. dan bayangkan jika anda menggunakan beberapa anti virus. Berapa ruang kerja yang akan di habiskan hanya untuk aplikasi anti virus saja.

Apalagi bagi anda yang menggunakan Windows 10, program Windows Defender saja admin rasa sudah sangat cukup untuk mengamankan komputer anda.

4. Backup Font




Berapa banyak font/huruf yang terdapat pada komputer anda. dan berapa banyak pula font yang sering anda gunakan..? Hal ini juga perlu di pertimbangkan. Font yang yang berada di system akan di muat oleh komputer. Semakin banyak jenis font yang tersimpan di system akan semakin memperlambat proses pemuatannya. Maka dari itu lebih baik melakukan backup untuk font yang tidak pernah di gunakan. 
caranya :
  • Buka Control Panel → Appearance and Personalization → Font → Lakukan backup di folder yang sudah di buat terlebih dahulu, untuk dapat di gunakan kembali sewaktu-waktu di butuhkan
5. Mengatur Program Start Up


Pengaturan program Startup terbukti sangat ampuh untuk mempercepat proses booting komputer kita ke layar desktop. Kita bisa memilih program manakah yang akan kita jalankan dan mana yang tidak kita jalankan saat proses startup guna mengoptimalkan kinerja dari komputer kita agar tidak terasa lambat. Cara mengatur Startup sebagai berikut :
  • tekan tombol Windows + R (untuk membuka run) kemudian ketikan "msconfig", klik tab "Startup" pilih program yang tidak di butuhkan dan klik "Disable".
Nah itu tadi adalah beberapa tips yang mungkin dapat anda gunakan untuk mengoptimalkan proses di komputer anda. Anda dapat mencobanya sendiri di perangkat komputer anda dengan langkah-langkah yang sudah admin PC Clopedia sediakan. 


Sampai di sini artikel kali ini tentang "Cara Atasi Komputer Lemot".
Semoga artikel ini bermanfaat.
Mohon maaf jika ada kesalahan.
Jangan lupa Comment and Share.

Silakan baca artikel lainnya di PC Clopedia,
Silakan tinggalkan komentar dan laporkan jika ada Link yang Rusak/Error.

Related search :
  • Komputer lambat
  • Komputer lemot
  • Atasi komputer lemot
  • Cara mempercepat komputer
  • Cara menjaga kinerja komputer
  • Cara menjaga komputer
  • Cara merawat komputer
  • Cara melakukan defrag
  • Cara uninstall program

0 komentar:

Posting Komentar