Apa Itu Overclocking


Artikel kali ini PC Clopedia akan memberikan penjelasan tentang Overclocking. Mungkin sudah banyak artikel-artikel di luar sana yang membahas apa itu Overcloacking. Tapi PC Clopedia akan tetap memberikan penjelasan, tentunya dengan versi PC Clopedia sendiri. OK, langsung saja kita masuk ke pada topik utama.

APA ITU OVERCLOCKING ?

Overclocking adalah tindakan seorang (Overclocker) yang menaikkan kemampuan suatu hardware melampaui standar dari pabrikan hardware tersebut. Dengan kata lain yaitu meningkatkan performa dari hardware tersebut. Biasanya pabrikan suatu hardware akan meletakan kemampuan hardwarenya di batas aman. 

Tujuannya agar menjaga usia hardware tersebut agar tidak cepat terjadi kerusakan. Biasanya seorang yang masih sangat awam dengan hal ini akan sangat khawatir dan ragu untuk melakukan Overclocking, namun sebenarnya cara ini cukup efektif bagi kita yang mempunyai isi dompet yang tipis tapi ingin mendapat performa yang lebih memuaskan dari hardware yang di gunakan.

Sebagai Contohnya. Sebuah VGA yang berjalan di GPU Clock berkecepatan 700 MHz dan Memory Clock 800 MHz. setelah di Overclock akan menjadi : GPU Clock 810 MHz dan Memory Clock 910 MHz.

HARDWARE APA SAJA YANG BISA DI OVERCLOCK ?

Tentu tidak semua hardware bisa di overclock.

Hardware yang dapat di overclock adalah
  • CPU (Processor)
  • RAM (Random Access Memory)
  • VGA (kartu grafis)
Jika ada pertanyaan, Apakah Motherboard/Mainboard bisa di overclock. Sebenarnya yang tepat adalah bukan di overclock. Tapi, apakah Mobo tersebut dapat mendukung kegiatan overclocking, beberapa mobo memang bisa di tingkatkan kemampuan untuk mengakses chip dari setiap hardware yang terpasang. Tetapi itu semua tetap saja kembali pada harware yang terpasang, jadi bisa di katakan MOBO bukan hal utama melainkan sebagai perantara.

APA YANG DI BUTUHKAN UNTUK OVERCLOCKING ?

Yang di butuhkan sebelum melakukan Overclock adalah :
  • Software monitoring
  • Software untuk melakukan overclock
  • Hardware yang mendukung
  • Dan yang paling utama adalah Niat.
Jika bicara tentang hardware. Jaman modern seperti sekarang sangat mudah mencari hardware yang bisa di overclock dengan harga yang tidak terlalu mahal.

Yang paling penting adalah niat kita, jika kita merasa takut ataupun ragu, lebih baik jangan mencoba kegiatan overclocking, karena dalam melakukan hal ini kita harus sangat sabar dan teliti, Pengalaman sebenarnya bukan kunci utam, karena kemampuan semua hardware berbeda dengan hardware lainnya walaupun dengan brand dan type yang sama. Dalam Overclocking kita di tuntut untuk mencari di angaka manakah hardware kita akan bisa bekerja maksimal, Meletakan angka setinggi mungkin tidaklah jawaban yang tepat, Hal tersebut hanya akan membuahkan hasil yang sia-sia, malah bisa jadi PC yang kalian gunakan bukan bertambah cepat malah terjadi banyak Lag.

KELEBIHAN OVERCLOCKING

Kelebihan dari Overclock adalah kita bisa mendapat performa yang lebih ketika menggunakan hardware yang terbilang di jual dengan harga murah, Umumnya trik ini seringkali di gunakan oleh para penggemar game namun memiliki budged yang terbatas, Overclocking adalah pilihan yang tepat dan dapat di andalkan.

KEKURANGAN OVERCLOCKING

Disamping kelebihannya, Kegiatan Overclocking juga memiliki dampak negatif, yaitu, suhu hardware kan lebih tinggi, kita harus siap dengan fasilitas pendinginan yang lebih extra, kekurangan lainnya adalah, kemungkinan meningkatnya konsumsi daya yang di butuhkan hardware tersebut, itu di karenakan hardware bekerja lebih keras, dan membutuhkan lebih banyak energi pula.

Sampai di sini artikel kali ini
Semoga artikel ini bermanfaat.
Mohon maaf jika ada kesalahan.
Jangan lupa Comment and Share.

Silakan baca artikel lainnya di PC Clopedia,
Silakan tinggalkan komentar dan laporkan jika ada Link yang Rusak/Error.

Related search :
  • penjelasan overclock
  • apa itu overclock
  • pengertian overclock
  • cara meningkatkan performa komputer
  • efektifkah overclock
  • belajar overclocking

0 komentar:

Posting Komentar