Tips Merawat Flashdisk / USB Drive


USB Drive atau yang banyak di sebut Flashdisk adalah sebuah perangkat penyimpanan yang memiliki banyak kelebihan dari pada perangkat penyimpanan yang lainnya, seperti, mudah di gunakan (Hanya perlu plug and play), harga yang relatif murah, dan tentunya praktis di bawa kemana-mana. Namun di balik kelebihan yang di sebutkan tadi, USB Drive atau Flashdisk ini juga memiliki kekurangan, yaps.... yang paling sering di alami adalah mudah rusak. Walaupun sebenarnya kekurangan ini juga tergantuk kepada penggunanya.

Adakah cara untuk membuat flashdisk menjadi awet dan dapat digunakan dalam usia yang panjang..? pasti ada sob. maka dari itu kali ini PC Clopedia akan sedikit membagikan tips untuk kalian, bagaimana cara merawat USB Drive / Flashdisk. langsung saja lakukan tips di bawah ini.

1. Jangan menancapkan dalam waktu yang terlalu lama

Pada dasarnya USB Drive / Flashdisk di desain agar kita bisa menggunakannya dengan mudah. untuk mengakses data / file dengan cepat. Namun bukan berarti Flashdisk ini dapat ditancapkan atau di gunakan dalam jangka watu penggunaan yang non-stop seperti HDD atau SSD. Disamping itu flashdisk akan panas jika terlalu lama menancap pada perangkat yang menyala.

2. Jangan sering membuka file langsung dari flashdisk

Ada baiknya kita menyalin file dari flashdisk ke PC terlebih dahulu sebelum membukanya. Karena menggunakan file langsung saat file masih di flashdisk akan membuat flashdisk tersebut bekerja terus menerus selama file terbuka. Sama seperti alasan yang pertama, flashdisk akan cepat panas.

3. Tutup atau masukan kembali ujung flashdisk setelah di gunakan

hal yang satu ini mungkin tidak terlalu penting apa lagi untuk flashdisk yang ujung konektornya dibuat dengan lapisan plastik, Tapi untuk unjung konektor yang terbuat dari besi lebih baik di tutup atau di masukkan kembali sehingga aman dari resiko kelembapan hingga timbulnya karat.

4. Jangan asal memasangkan flashdisk ke sembarang PC

Banyak mungkin yang sudah tau. Tidak sedikit flashdisk yang rusak akibat virus yang di tularkan dari perangkat PC, maka dari itu alangkah baiknya kita lebih teliti sebelum menancapkan flashdisk kita ke PC. Terutama PC yang ada di warung internet di mana pasti banyak pengguna yang telah menancapkan flashdisk di PC tersebut.

5. Lakukan scanning secara berkala

Scanning dalam jangka waktu yang rutin akan meminimalisir kemungkinan flashdisk kita terkena virus. Namun bukan berarti kita harus melakukannya setiap hari. Melainkan lakukan scanning dengan waktu yang tetap misal 1 minggu sekali. Itu akan lebih effisien. Dan jika memungkinkan lakukan Scaning di PC yang akan di tancapkan flashdisk terlebih dahulu.

6. Hati-hati ketika menyimpan flashdisk

Jangan asal meletakan flashdisk, meletakannya sembarangan selain beresiko hilang flashdisk bisa saja rusak secara fisik. Misal tertimpa barang hingga pecah atau patah. Dan hindari dari jangkauan anak kecil, karena bisa saja anak yang masih kecil dan belum tau apa-apa penasaran dan memasukannya kedalam mulut sehingga konektor basah dan mengalami konsleting ketika di tancapkan.

7. Cek tegangan komputer

Telah melakukan semua tips di atas. tapi masih terjadi kerusakan. Apa penyebabnya..? Mungkin yang satu ini bisa menjadi jawaban dari pertanyaan tersebut. Arus komputer yang tidak stabil, entah dari PSU yang bermasalah atau bagian lain yang menyebabkan arus PC kita tidak stabil. Bisa jadi dari arus yang tidak stabil itu dapat merusak komponen atau sirkuit pada flashdisk. untuk memperkecil kasus ini bisa menggunakan alat bernama STAVOLT.

Nah. Gimana sob...? udah tau kan bagaimana cara agar flashdisk berumur panjang, dari tips di atas bisa kita ambil kesimpulan, titik kunci dari usia flashdisk tidak sepenuhnya di tentukan oleh merk / brand. Tapi sebagian besar adalah dari bagaimana kita memperlakukan barang tersebut.

Sampai di sini artikel kali ini tentang "Tips Merawat Flashdisk / USB Drive".
Semoga artikel ini bermanfaat.
Mohon maaf jika ada kesalahan.
Jangan lupa Comment and Share.

Pintar komputer itu
"PC Clopedia"

Silakan baca artikel lainnya di PC Clopedia,

Related search :
  • ketahui penyebab kerusakan flashdisk usb
  • cara menjaga kesehatan flashdisk usb
  • tips memperpanjang usia flashdisk usb
  • bagaimana merawat flashdisk usb

0 komentar:

Posting Komentar