Cara Mencegah Radiasi Layar Komputer / Laptop




Komputer sudah umum kita temui. Entah di tempat kerja hingga di rumah sendiri, bahkan para pelajar pun seringkali membawa Laptop agar dapat digunakan dimanapun saat mereka membutuhkannya. Banyak pula ysng menggunakan komputer di Warnet umum. namun taukah anda betapa bahanya radiasi yang dihasilkan dari layar komputer. 

Layar komputer menghasilkan banyak radiasi yang berdampak negatif bagi kesehatan kita. Beberapa radiasi yang dihasilkan oleh layat monitor adalah Sinar Ultraviolet, Sinar X, dan Gelombang Mikro. Biasanya bagian yang paling terpengaruh adalah Mata. Jika kita merasakan gangguan yang terasa tidak nyaman pada mata kita, kita harus segera memeriksakannya ke dokter spesialis mata untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan benar.

Dari alasan di atas PC Clopedia akan berbagi tips bagaimana Cara mencegah Radiasi Layar Komputer / Laptop. langsung saja simak tips-tips di bawah ini.

1. Mengatur layar dengan mata. 
Jarak pandang yang tepat antara mata pengguna dengan layar monitor adalah berkisar 40 Cm. Dan dianjurkan untuk menepatkan pandangan layar komputer lurus kedepan (Tidak terlalu kebawah, tidak terlalu ke-atas, tidak terlalu jauh ataupun dekat).

2. Atur pencahayaan layar.
Pencahayaan di layar komputer / laptop harus disesuaikan dengan suasanana dimana kita akan menggunakan komputer. pencahayaan yang berlebih akan membuat mata kita cepat lelah karena bekerja lebih keras mengolah cahaya yang masuk secara terus - menerus dengan posrsi yang berlebih.

3. Mengatur penerangan sekitar.
Mengatus penerangan di sekitar tempat kita menggunakan komputer juga akan berpengaruh pada mata kita. Jangan gunakan pencahayaan lampu yang terlalu terang, Hal tersebut dapat membuat kerusakan pada mata kita. Dianjurkan menggunakan penerangan alami seperti cahaya dari cendela.

4. Menyesuaikan warna dan huruf yang pas.

Pengguanaan huruf dan warna pada layar komputer juga harus diperhatikan. Ukuran huruf yang digunakan harus pas dan dengan warna yang kontras dengan background agar kita dapat melihatnya dengan jelas. Bentuk huruf yang terlalu kecil dan dengan warna yang samar akan membuat kita secara tidak sadar akan melakukan pendekatan pengelihatan melebiha jarak aman. Hal tersebut akan membuat radiasi semakin kuat.

5. Menggunakan Screen Filter.
Penggunaan Screen Filter sangat membantu mengurangi dampak radiasi dari layar komputer. Screen Filter akan menyaring radiasi agar radiasi yang kita dapatkan dari layar komputer akan jauh berkurang untuk dilihat dengan aman oleh mata kita.

6. Menggunakan kaca mata.
Salah satu cara lagi untuk mengurangi radiasi komputer adalah menggunakan kaca mata, Menghindari paparan cahaya langung dari layar monitor akan membuat mata kita tidak terlalu tegang saat menatap layar monitor. Bahkan lebih disarankan juga menggunakan Kacamata anti radiasi supaya lebih optimal menghindari radiasi layar monitor.

7. Mengistirahatkan mata.
Mengistirahatkan mata adalah cara yang paling jitu menjauhkan mata dari radiasi. Usahakan mata kita beristirahat setiap 2 jam sekali dari layar komputer dengan menatap hal-hal yang segar seperti contohnya melihat dedaunan pohon yang hijau. Ini sangat efektif untuk menyegarkan mata dari paparan radiasi monitor.

Tips-tips di atas adalah untuk memberikan kenyamanan bagi anda yang sering menghabiskan aktifitas di depan layar komputer. Beberapa cara di atas juga sangat dianjurkan untuk dilakukan supaya kesehatan mata kita terjaga. Memang kemajuan jaman menuntut kita bekerja keras agar semua pekerjaan selesai dengan waktu yang cepat. Sehingga sering kali kita melupakan dampak buruk yang mempengaruhi kesehatan kita.

Mungkin demikian artikel ini ditulis.
Bila ada kesalahan mohon maaf.
Jika ada masukan silakan tinggalkan di kotak komentar.

Terimakasih atas kuntungannya dan selamat membaca artikel lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar